50 poin penting dari 50 bulan perjalanan Karir Saya jadi Programmer.

Photo by Joshua Earle on Unsplash

Ada yang bilang kata nya pengalaman merupakan guru yang terbaik.

Tapi apa sebenarnya pengalaman itu?

Apakah waktu dan kejadian yang sudah kita lewati itu bisa di sebut pengalaman?

Bukan.

Pengalaman adalah pelajaran yang diambil dari kejadian dalam kehidupan yang kita gunakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jadi sekalipun udah banyak ngalamin kejadian, tapi gak jadi lebih baik, berarti kita tidak punya pengalaman.

Dan ini 50 poin penting dari karir saya selama 50 bulan jadi programmer.


  1. Ketika ingin mulai menapak karir sebagai programmer tapi bingung cara nya, maka jawabannya cuma satu: mulai aja.
  2. Programming itu bukan soal bahasa pemrograman, tapi soal memecahkan solusi kehidupan denga bahasa pemrograman. Jadi jangan pusing harus milih bahasa apa. Pick one, learn it.
  3. Pondasi dasar setiap bahasa pemrograman itu sama. Variable,tipe data, array, object, operator, conditional, looping, function.
  4. Ketika kita berhenti belajar, berarti berhenti dari dunia programming.
  5. Di dunia programmer, perubahan itu selalu terjadi di setiap lini. Yang tidak berubah cuma satu, yaitu perubahan itu sendiri.
  6. Mau jadi programmer ? Motivasi utama nya, jangan uang. Kalian akan kecewa dari awal. Uang bakal datang sendiri, sesuai kemampuan kalian. We do programming, because we love it.
  7. Text editor merupakan senjata utama programmer. So, pilih yang tepat. Karena text editor adalah temen sampai akhir hidup programmer.
  8. Pakai vim, investasi terbaik.
  9. Ngaku Programmer? Harus jadi penguasa terminal. Belajar tmux, belajar vim. Sekarang 80 % waktu saya koding, saya adalah di terminal. Sisanya , baca dokumentasi, ngetest app atau webnya, biasanya pakai browser.
  10. Pakai os unix, seperti linux atau osx. Kalau pakai windows, suka ada error gak jelas, entah itu mitos atau beneran, tapi memang saya rasain sendiri. Daripada musingin error yang cuma terjadi di windows, beralih segera ke linux atau osx.
  11. Jadi Programmer itu harus jago ngasih nama, hidup programmer penuh dengan penamaan. Namain variable, class, property, function dan sebagainya.
  12. Sebanyak apapun kamu baca tutorial di berbagai website programming, tapi gak pernah dibuat. Sepertinya kita belajar, padahal enggak.
  13. Fundamental Programming itu yang Terutama dan Pertama.
  14. Di dunia programmer, banyak sekali tools yang akan ngebantu programmer dalam bekerja. Programmer itu di kelilingin sama tools. Tools memang bisa ngebantu, tapi bisa jadi bumerang buat para pemula. Pikirnya make tools sudah mudah, kenapa harus susah belajar dari awal. Contoh kasusnya adalah git. Udah keenakan pakai git gui seperti GitHub Desktop, Git Kraken, tapi giliran pakai yang command line , enggak bisa.
  15. Kalau kamu lagi belajar programming, jangan dulu deh pakai build in function bahasa pemrogramannya. Lebih baik buat sendiri fungsi nya. Nanti ketika di production / ketika kerja, baru boleh dipakai agar mempercepat kerjaan.
  16. Penting untuk memahami dan bisa mempraktekan algoritma sorting dan searching. Bukan hanya dipakai ketika ngoding, tapi ketika interview kerja kamu akan ditanya soal ini. Sudah pengalaman programming bertahun-tahun, gak bisa jawab ini, gak akan di anggap.
  17. Banyak-banyak nyelesaiin challenge di situs semacam codewars atau hackerrank , worth it.
  18. Mau di kenal sebagai programmer pro? Mulai lah membuat konten online. Bisa menulis, membuat video , podcast dan sebagainya.
  19. Gabung ke komunitas, disana jangan cuma di jadikan tempat untuk nanya-nanya, berkontribusi lah, berikan solusi, berikan ilmu.
  20. Berkontribusi. Cara terbaik untuk mengatur stress.
  21. Ada rekan programmer di tim yang lebih jago dari kita? Jangan merasa rendah diri. Dekati, ambil ilmunya.
  22. Merasa tidak layak untuk berkontribusi? Coba aja dulu. Itu cuma khayalan yang mencoba menakuti kita.
  23. Ketika ngoding, selalu ingat bahwa kita ngoding bukan hanya agar komputer mengerti, rekan kita harus mengerti kode yang kita tulis, user harus mengerti tentang apa yang kita buat.
  24. Kamu programmer malam? Yang cuma bisa kerja malam? Jangan lagi. Gak baik untuk kesehatan.
  25. Ketika ngoding stuck enggak bisa menemukan solusi. Rehat dulu, jauhin dulu laptop nya. Kalau bisa tidur dulu. Kadang, malah ketemu solusi nya hehe.
  26. Sebelum ngetik kode, buat dulu solusi nya. Lalu cari cara nulis kode nya, Bingung cara nulis nya? Cari di google, baca dokumentasi. Dokumentasi itu kitab nya programmer. Tempat rujukan programmer.
  27. Ketika ngoding, jauhin hp, matiin suaranya, jangan pernah buka sosmed. Programmer itu butuh hyper fokus.
  28. Wahai product manager! Kalian harus ngerti ketika menambah fitur baru itu arti nya akan menambah bug baru. Program gak ada yang sempurna. Jadi pikirin baik-baik.
  29. Programming itu sama sekali gak sama kayak bangun bangunan.
  30. Jangan pernah merencanakan semua nya dari awal. Rencanakan yang besar, jangan pernah merencanakan yang detail. Karena tidak akan pernah sama. Buang-buang waktu.
  31. Mau buat rencana?, rencanakan untuk jangka waktu yang pendek, jangan merencanakan untuk jangan waktu panjang. Kita tidak pernah tahu masa depan.
  32. Sebagai programmer, kita harus bisa berkata “tidak”. Ketika ada yang mengusulkan fitur, dan permintaan ini itu, dan jika kita rasa tidak akan bisa terpenuhi dan malah membuat molor kerjaan kita. Katakan lah tidak. Jangan takut.
  33. Jangan selalu berkata “ya” terhadap setiap permintaan product owner. Katakan tidak, berikan argumen.
  34. Ketika ngoding, akan selalu ada cara agar kode kita menjadi lebih baik lagi. Jadi selalu tanyakan ke diri kita, apa ada bagian kode yang bisa saya tingkatkan kualitas nya. Apakah sudah gampang di baca, apakah sudah clean, apakah sudah DRY, apakah sudah efisien?
  35. Merasa bingung terhadap suatu masalah programming? Pelajari, dalami, tuliskan, bagikan!
  36. Empathy, soft skill utama seorang programmer. Ketika ngoding kita harus ingat bagaimana perasaan rekan kita yang nanti akan membaca dan menggunakan kode kita, kita harus ingat bagaimana nanti ketika pelanggan menggunakan aplikasi yang kita buat, dan juga harus ingat bagaimana nanti bagian tester ngetes apps yang kita buat. Jangan nyusahin orang lain.
  37. Kalau ada yang bilang bikin software itu mudah. Omong kosong. Apps sesimpel apapun gak ada yang mudah. Jadi jangan pernah mau di bayar murah, karena katanya aplikasi nya mudah. Kalau mudah, kamu aja yang buat, jangan saya.
  38. Selalu dan selalu test kodingan kita. Lakukan unit test, browser test, database test. Susah? Justru karena susah itu jadi berkualitas apa yang kita buat.
  39. Apps terbaik itu bukan yang punya banyak fitur, tapi yang sedikit fitur tapi memberikan manfaat buat user.
  40. Punya dana, waktu dan kesempatan. Ikut coding bootcamp.
  41. Prioritas kerja programmer. Maintenance legacy code -> fixing bug -> add new feature.
  42. Jangan pikir jadi programmer itu kerjaan nya selalu bikin sesuatu yang baru. Mayoritas kerjaan kita maintenance legacy code, improving legacy code, fixing bug.
  43. Ketika ngoding nemuin legacy code yang dirty. Stop dulu, refactor code, commit. Selalu tinggalin tempat yang kamu singgah, dalam keadaan bersih.
  44. Kadang ketika ngoding saya suka ngomong sendiri, itu bisa membantu saya menemukan solusi. Daripada di pendem hehe.
  45. Ketika programmer lagi bengong, jangan anggap dia lagi nganggur. Sering kali lagi berpikir untuk mencari solusi programming nya.
  46. Rasa nya kalau ngoding gak pakai git. Gimanaa.. gitu. Pakai git sekarang juga! Tools wajib.
  47. Jangan punya mental yang selalu ingin menang. Programming bukan soal menang atau kalah. Kadang karena kita ingin selalu jadi pemenang, kita jadi susah menerima feedback dari orang lain dan cenderung egois.
  48. Selalu review kode kita sebelum di commit, dan minta rekan kita untuk mereview nya. Jangan pernah menganggap kode kita sudah baik jika belum di tunjukkan kepada orang lain.
  49. Selalu buat sesuatu dengan kode setiap hari. Gak tahu apa yang harus di buat? Buka mata! Ada ribuan bahkan mungkin jutaan web dan apps di luar sana yang bisa kita copy. Buat dari awal, tiru fitur nya, tiru desainnya, tiru alur nya ,tulis dengan kode kita sendiri.
  50. Katanya programmer itu suka ngelakuin sesuatu sesuka hati nya. Tapi kalau koding, please jangan sesuka hati. Jangan buat standar koding kita sendiri. Di luar sana udah ada standar koding internasional yang semua programmer ikuti. Baik kerja sendiri atau kerja dengan tim. Selalu ikuti standard coding yang ada.

Kalau ada poin penting yang terlewatkan dari 50 poin di atas. Jangan sungkan untuk membagi nya di kolom response di bawah!


Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan berikan claps 👏 👏 sebanyak-sebanyaknya dan bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa follow saya di medium untuk terus dapatkan tulisan seperti ini setiap minggunya.

https://upscri.be/4a8a3c/

Tolong Like dan Share ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *