Bagaimana Memulai karir sebagai Software Developer

Image By Feepik

Pertanyaan bagaimana memulai ini adalah pertanyaan pasaran yang sering banget di tanyakan oleh pemula.

bagaimana memulai menjadi programmer ? bagaimana memulai membuat aplikasi ? bagaimana memulai membuat website ? dan sebagainya.

sudah gak terhitung lagi pertanyaan “How To Start?”, tapi karena kita fokus di teknologi pertanyaan paling penting adalah

“Bagaimana Memulai Karir Sebagai Software Developer?”

saya ingin jadi developer , kita ingin jadi developer dan Anda yang baca ini pasti ingin menjadi software developer , kalau anda tidak ingin jangan baca artikel ini 😛

Karena petanyaannya bagaimana memulai , maka sebenarnya jawaban pendeknya gampang banget. yaitu

MULAI AJA MELANGKAH.

kita ingin menuju ke jakarta , bagaimana cara memulai menuju ke jakarta ? yaitu mulai langkah kan kaki kita untuk menuju ke jakarta.

jika kita tidak mulai melangkah maka tujuan kita tidak akan pernah tercapai.

Sedikit cerita, awal saya belajar mengenai software , langkah awal saya adalah searching di google mengenai pemrograman.

sampai kemudian akhir nya menemukan video di youtube mengenai “bagaimana membuat CRUD di php dengan mysql dan bootstrap”.

saat itu saya belum mengerti apa itu php fungsi nya apa , apa itu html , apa itu CRUD dan sebagai nya. Dan ini menjadi titik awal saya menjadi software developer.

saya ikuti tutorialnya satu persatu , karena video nya ber seri. sampai dengan selesai operasi DELETE, (menghapus data di database).

sampai tahap itu saya hanya mengikuti tutorial , tanpa mengetahui maksud kode yang di tulis. yang penting koding nya berjalan sesuai keinginan hehe 😄

tapi ada muncul rasa amazing dalam diri saya , “Saya bisa koding” 😸

oke , rasa takjub saat berhasil pertama kali koding itu harus ada dalam diri kita. kalau gak ada , atau biasa-biasa aja berarti anda tidak akan bisa jadi software developer 😝

gak puas sampai koding nya jalan , saya mulai lakukan eksperimen , saya ubah koding nya , saya coba ubah isi variable nya dan sebagainya .

dan rasa Amazing itu muncul lagi , “oh ternyata bisa ya kayak gini”.

oke sampai tahap ini saya belum terlalu maksud kode-kode yang ada di text editor saya.

terutama saya gak ngerti apa itu fungsi while , saya lihat while ini ada saat akan menampilkan isi database, padahal while nya ada satu tapi kenapa data yang muncul bisa banyak.

karena ingin tahu , akhir nya saya mulai cari apa fungsi while dalam php , mendarat di w3schools. dan akhir nya saya jadi tahu apa fungsi while.


begitulah lifecycle saya dalam awal belajar programming.

Ibarat misal ingin menjadi atlet pemain bola , tentu langkah awal nya adalah dengan mencoba bermain bola.

lalu karena ingin sungguh menjadi atlet bola , akhirnya mulai belajar , melihat video, membaca aturan perbolaan , teknik-teknik dan sebagainya.

dan jangan lupa untuk mencoba bereksperimen. hal sederhananya seperti cerita saya di atas, saya mencoba untuk mengubah beberapa variable dan mengubah kode nya .

mungkin akan muncul error yang tidak terduga, tapi jangan takut dengan error. Justru dengan munculnya error akan membantu kita untuk menuju ke hal yang benar.

tips sederhana dan jitu jika terjadi error , copy paste pesan error nya di google. besar kemungkinan kita akan menemukan solusinya.


Orang yang baru menjajaki dunia software development akan mengira bahwa software development itu hanya soal koding.

padahal software development bukan hanya soal koding. lebih dari itu.

secara sederhana software development adalah soal menemukan masalah, mencari solusi pemrograman untuk menyelesaikan masalah, menguji solusi pemrograman yang kita buat untuk menyelesaikan masalah dan mempublikasi kannya.

itu lah apa yang membuat software developer keren : mereka menyelesaikan masalah dengan barisan kodingnya.

sebanyak apa pun bahasa pemrograman yang anda kuasai tapi jika tidak bisa menyelesaikan masalah pemrograman maka Anda bukan Software Developer.

Sebaliknya walaupun anda hanya menguasai satu bahasa pemrograman tapi anda bisa menyelesaikan suatu masalah pemrograman , maka anda seorang Software Developer


Selanjutnya hal yang sering ngebuat pusing adalah skill programming apa yang harus di kuasai , atau lebih spesifiknya bahasa pemrograman apa yang harus di kuasai.

Dewasa ini kita tidak bisa hanya sekedar jadi software developer saja , ada banyak cabang developer : backend , frontend , full stack, mobile app dan sebagainya.

bagaimana cara nya mengetahui skill apa yang harus kita kuasai agar bisa menjadi software developer ?

Cara nya coba cari di website loker pemrograman , kemudian lihat di deskripsi skill apa saja yang di butuhkan untuk memenuhi kerjaan sebagai programmer di tempat kerja yang menawarkan loker tersebut.

biasanya akan menyebut kan apa bahasa pemrograman yang di pakai , frameworknya apa , metode kerja nya apakah harus terbiasa dengan metode agile, waterfall , harus kuasai version control atau tidak dan sebagainya.

pasti akan ada banyak loker dengan deskripsi yang berbeda , jangan cari banyak-banyak nanti malah pusing , tetapkan satu lalu kuasai setiap skill yang di butuhkan untuk loker tersebut.

Saya bukan menyuruh untuk melamar kerja, tapi saya membantu untuk mengetahui skill apa yang harus di kuasai untuk menjadi salah satu dari software developer.

Setelah sudah mulai pede dengan kemampuan programming kita, maka kita siap memulai karir sebagai software developer !

Happy Coding 😄 😄 💻


Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan berikan claps 👏 👏 sebanyak-sebanyaknya dan bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa follow saya di medium untuk terus dapatkan tulisan seperti ini setiap minggunya.

Mau jadi Professional Programmer tapi bingung Jalannya? Yuk gabung dengan Andaglos Developer Academy.

Klik Disini Untuk Gabung Academy Mobile React Native.

Klik Disini Untuk Gabung Academy Fullstack Javascript.

Tolong Like dan Share ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *