Cara Buat Package Node js Sendiri

Photo by Jared Sluyter on Unsplash

Selama proses development dengan nodejs, kita pasti tidak akan terlepas dari penggunaan npm.

NPM atau node package manager merupakan sebuah tools yang membantu kita untuk menggunakan package-package yang sudah dibuat oleh developer lain. Tujuannya ialah untuk mempermudah proses development aplikasi yang kita buat. 
Tapi pernahkan kamu penasaran bagaimana mereka, para developer, bisa membuat package-package yang dapat membantu hidup kita sebagai developer? Kalau penasaran, yuk kita buat package buatan tangan kita sendiri.

Selain coba-coba, tentunya dengan membuat tools yang dapat digunakan apalagi sampai membantu developer lain itu rasanya akan memberikan kepuasan diri kita sendiri. Seperti yang sudah saya singgung pada artikel ini. Bahwa salah satu cara kita sebagai developer mengontrol stress adalah dengan berkontribusi!


Nah, tahap pertama tentunya kita harus mempunyai akun di npm, https://www.npmjs.com/ . Disini adalah tempat kita mempublish package yang kita buat.

https://www.npmjs.com/

Setelah itu, pastikan komputer kita sudah terinstall nodejs dan npm. Jika belum, kamu bisa mengikuti proses install disini.

Untuk contoh package yang akan dibuat yaitu alay-letter. Yaitu mengubah deretan kata string, menjadi deretan kata dengan format alay. Misalnya, “Saya Seorang Programmer”, kita ubah menjadi “54Y4 530R4NG PR06R4MM3R”.

Oke. Langsung mulai aja.

Pertama, buat direktori baru, disini saya namakan alay-letter.

Buka terminal, pindah ke direktori alay-letter tersebut. Lalu jalankan npm init

$ npm init

Kita akan diberikan pertanyaan mengenai nama package, versi berapa, author-nya, license-nya, dsb. Jawablah pertanyaan dengan baik.

Setelah itu, buat sebuah file index.js yang akan menjadi tempat menyimpan function alay-converter-nya. Untuk memudahkan silahkan copy kode di bawah ini atau silahkan kalian buat sendiri.

https://gist.github.com/haidarafif0809/d5ffa549b14fccf9307aacba17fce71d.js

Kodingan selesai, sebelum publish kita cek dulu apakah package kita berjalan sesuai harapan.

https://gist.github.com/haidarafif0809/99aa3f2982f75c39a5502ad161a8beda

Jika sudah sesuai harapan, maka kita buat file README.md , untuk menulis kan deskripsi mengenai package yang kita buat. Bisa juga tambahkan “How To Use” nya.

https://gist.github.com/haidarafif0809/778f9f0db0ee0fa7eb5d90d9fb6788b8

Setelah semua langkah di atas selesai. Maka saat nya mempublish package kita agar bisa di pakai oleh semua orang dengan cara

$ npm publish

npm publish

Jika sudah muncul seperti di atas, artinya package kita berhasil di publish.

Untuk mengeceknya buka profile npm kita.

Npm Profile

npm install alay-letter

Selesai, sekarang package kita bisa dipakai oleh orang lain dengan cara npm install alay-letter .

Nah, sekarang untuk kamu, silahkan berkreasi sesuai imajinasimu. Jangan ragu untuk membagikan apa yang kita buat kepada orang lain. Siapa tahu apa yang kita buat bisa bermanfaat buat orang lain.

Happy Contribute~


Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan berikan claps 👏 👏 sebanyak-sebanyaknya dan bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa follow saya di medium untuk terus dapatkan tulisan seperti ini setiap minggunya.

https://upscri.be/4a8a3c/

Tolong Like dan Share ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *