Gimana cara dapat modal startup dari Angel Investor?

Sebelum masuk ke pertanyaan di atas. Satu pertanyaan lain dulu yang akan di bahas.

Apa kita butuh modal untuk memulai startup??

Pertanyaan ini muncul ketika saya menjadi narasumber di acara seminar menjadi wirausaha muda di perkuliahan DCC Bandar Lampung.

Vlog nya pas acara itu bisa kalian lihat di sini.

Jadi apa kita butuh modal?? Setiap kali saya mengikuti seminar wirausaha, untuk menyamangati para peserta yang dalam pikirannya selalu “Gimana saya bisa cari modal untuk usaha”, maka para mentor wirausaha selalu bilang. “Untuk memulai bisnis jaman sekarang gak perlu modal!”. 

Padahal dalam praktik bisnis nya, agar sebuah bisnis bisa berjalan maka butuh modal.

Modal itu sumber daya yang harus kita miliki kalau mau jalanin startup kita. Kalau gak ada modal gak bakal bisa jalan. Ibarat mobil, gak ada bensin nya ya jelas gak bisa jalan kecuali di dorong hehe.

Tapi..  modal itu ada banyak jenis nya ya. Ada modal uang, skill, waktu, kesehatan, kesempatan.

Itu adalah semua modal yang kita butuhkan untuk jalanin perusahaan. 

Terus .. “Mas kan itu kayaknya rame banget tuh ya yang startup dapat modal uang dari investor A, investor B, investor C, gimana ya saya biar bisa dapat kayak gitu, saya juga mau di modalin orang lain startup saya”.

Kalau pertanyaannya gimana cara dapatin pemodalan dari investor, itu salah. Yang benar adalah kapan butuh dapat pemodalan dari investor.

Kapan butuh dapat modal uang dari Investor??

Oke kalau gitu kita ganti judulnya ya hehe. Maaf untuk yang baca artikel ini karena pengen tahu gimana cara dapat angel investor. Ini lebih penting dari hal itu ūüôā

Kalau pertanyaannya kapan, berarti jawabannya pasti berkait dengan waktu atau keadaan.

Jawabannya, yaitu ketika kita tidak butuh uang untuk jalanin startup kita.

“Loh mas, tapi kan modal uang itu justru buat ngejalanin startup kita”

Jadi gini cerita nya ya.. Apa tujuan kalian untuk membuat startup? Apa sih hasil akhir dari sebuah bisnis?

Profit. Keuntungan. Berupa uang yang bisa menghidupi kita dan bisa kita nikmati untuk di tabung dan membeli berbagai kebutuhan hidup.

Saat ini banyak keadaan orang ketika ingin memulai usaha adalah, dia butuh uang untuk menghidupi diri nya.

Perusahaan butuh uang, Diri kita untuk hidup butuh uang. Kalian mending perusahaannya hidup, tapi kalian mati. Atau perusahaanya mati, tapi kalian hidup?

Ketika uang ada di genggaman kita, pasti kita akan mendahului kebutuhan diri sendiri, di banding kebutuhan orang lain atau perusahaan kita.

Artinya ketika baru memulai usaha kemudian kalian malah sibuk mencari modal uang, dan kalau misalkan nih modal uang nya dapat. Maka pertanyaannya adalah modal itu akan di gunakan untuk menghidupi perusahaan atau menghidupi diri kita?

Perusahaan saja belum bisa menghidupi diri nya sendiri, gimana mau menghidupi kita. Maka tentu, modal usaha itu ujung-ujungnya akan di pakai buat hidup kita sendiri. Bukan untuk menghidupi usaha.

Terus kapan dong kita butuh modal uang dari Investor?? Yaitu ketika diri kita sudah tidak butuh uang. Artinya, adalah ketika perusahaan sudah stable dan menghasilkan profit dan profit itu bisa untuk menghidupi kebutuhan hidup kita. Maka saat itu lah kita butuh modal uang dari Investor untuk lebih memajukan usaha / startup kita.

Sehingga modal itu tidak akan terpakai untuk menghidupi sang pemilik usaha, tapi untuk memajukan usaha nya.

 Dan saya mau beritahu sebuah rahasia. Bahwa, Angel investor itu bukan orang yang bodoh yang mau begitu aja memberikan uang nya kepada orang yang belum terbukti bisa membuat startup nya maju. Kecuali, niat si Angel Investor buat sedekah hehe itu beda urusan.

 Apa sih tujuan dari Investor memberikan modal kepada sebuah perusahaan?

Yaitu investor berharap dengan memberikan modal uang tersebut usaha kita bisa makin maju dan bisa memberi bagi hasil profit kepada meraka para Investor. Ngapain investor ngasih modal kalau cuma buat duit nya di abisin, pasti mereka mau untung dari modal yang sudah di investasikan.

Jadi saran saya adalah sebelum kalian mencari permodalan dari orang lain untuk menghidupi perusahaan kalian. Maka hidupilah perusahaan dengan modal yang ada dahulu. Dan saran saya adalah pikirkan hidup kalian terlebih dahulu. Karena ketika sudah memulai usaha artinya kalian siap rugi uang dan waktu. 

Berbeda dengan karyawan yang insyaAllah ada gajian tiap bulannya. Seorang pengusaha belum tentu gajian tiap bulan, justru bisa nombokin perusahaannya tiap bulan supaya bisa ngegaji karyawan.

Seorang pengusaha, harus siap gak makan supaya karyawan nya bisa makan. 

Balik ke soal permodalan. Maka jadikan dulu perusahaan kita stable, memberikan profit atau keuntungan dan bisa menghidupi kita. Maka saat itu lah kita butuh investor.

Gak perlu di cari Investor nya. Pasti akan datang sendiri ke kita. Karena Investor itu kerjaannya mencari-cari perusahaan yang bisa mereka investasikan modal uang ke dalamnya.

Selalu berdoa, bersyukur dan bekerja keras!

Salam, Haidar.


Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa follow saya di medium untuk terus dapatkan tulisan seperti ini setiap minggunya.

Tolong Like dan Share ya !

One Reply to “Gimana cara dapat modal startup dari Angel Investor?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *