Pakai Sequelize, Rindu dengan migrate:refresh? ini saya buatin!

Photo by rawpixel.com on Unsplash

Salah satu fitur orm laravel yang saya pakai yaitu php artisan migrate:refresh atau php artisan migrate:fresh . Fungsi nya adalah untuk membuat database kita fresh seperti baru dimigrate.

Kenapa saya memakai command ini?
Karena sering kali terjadi migration yang di buat oleh orang lain dan saya tidak ingin ambil pusing jika ada masalah dengan database lokalsaya. Maka caranya adalah dengan mendrop seluruh table dan lakukan ulang migration.

Akan tetapi tentunya kalau kita melakukannya secara manual akan membuang-buang waktu. Maka laravel menyedikan command migrate:fresh untuk melakukan dua tugas tersebut, yaitu drop all table dan jalankan proses migrate.

Bagi kita yang sedang mengerjakan projek node js dan menggunakan sequelize sebagai orm-nya, sayangnya fitur tersebut tidak ada. Walau sebenarnya kita bisa dilakukan secara manual yaitu dengan command:

$ sequelize db:migrate:undo:all
$ sequelize db:migrate

tapi tentunya akan ada banyak command yang harus di ketik dan tentu saja capek. Karena saya programmer yang males 😈, maka saya membuat package fresh_sequlieze untuk menjalankan kedua command di atas.

https://www.npmjs.com/package/fresh_sequelize

Untuk menggunakan package ini diharuskan menggunakan sequelize, karena sebenarnya fungsi package ini hanya menjalankan dua command di atas secara otomatis. Jadi kita cukup menjalankan command berikut, maka secara otomatis akan menjalankan db:migrate:undo:all dan db:migrate

$ fresh migrate

Lebih singkatkan? Dan kalau mau sekalian dengan seeder-nya, bisa dengan command berikut :

$ fresh migrate seed

atau hanya mau seeder-nya aja, bisa dengan :

$ fresh seed

Untuk menginstallnya :

$ npm install --global fresh_sequelize

Nah, tertarik mencoba membuat package kalian sendiri? Simak artikel ini!


Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan berikan claps 👏 👏 sebanyak-sebanyaknya dan bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa follow saya di medium untuk terus dapatkan tulisan seperti ini setiap minggunya.

https://upscri.be/4a8a3c/

Tolong Like dan Share ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *