Tidak harus menjadi yang Terbaik.

Kehidupan di zaman ini, selalu menuntut kita untuk menjadi yang terbaik, di setiap hal yang kita lakukan.

Di keluarga, di pekerjaan, di hobi, harus menjadi yang terbaik.

Orang terdekat kita, selalu ingin kita jadi yang terbaik. Lingkungan kita, media massa selalu menceritakan kehidupan luar biasa orang-orang terbaik atau “sukses”.

Di sekolah, lingkungan pendidikan. Selalu menuntut kita untuk belajar agar menjadi ranking 1. Menjadi yang terbaik. 

Lalu kita di tuntut untuk masuk ke universitas terbaik agar kelak dapat pekerjaan terbaik.

Menjadi orang rata-rata adalah sesuatu yang di anggap memalukan di kehidupan pada zaman ini.

Lewat media Youtube, Facebook, Instagram orang-orang selalu mengekspos kehidupan luar biasa mereka. Karena mereka tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja.

Kehidupan mereka harus lah menjadi hidup yang luar biasa. Tidak rata-rata dan tidak gitu-gitu aja.

Padahal nyata nya memang hidup ini ya begitu-begitu saja. Hal yang kita anggap luar biasa hari ini, ketika sudah di capai maka akan menjadi biasa saja. 

Suatu hal menjadi luar biasa di pandangan kita karena belum ada di genggaman. Tapi kalau udah di pegang, ya biasa-biasa aja. Lama-lama bosan dan mencari hal luar biasa yang lain.

Akhirnya hidup ini menjadi penuh ketidak puasan. Terkabul satu keinginan, maka ingin lebih lagi. Dapat satu gunung emas, mau gunung emas yang lain. Begitu seterusnya.

Memang kita tidak boleh berhenti terhadap suatu capaian yang sudah di raih. Tapi ada saat nya kita harus berhenti sejenak dan bersyukur atas apa yang sudah di capai. 

Bergerak lagi dan maju lagi, bukan untuk berpindah dari satu gunung emas ke gunung emas yang lain. Tapi untuk memberikan peran terhadap diri. Bahwa diri ini, harus mempunyai andil dan manfaat di dunia yang sementara ini.

Tidak bisa memberi manfaat buat orang lain, maka beri manfaat untuk diri sendiri.

Bergerak bukan karena mengharapkan hasil, tapi bergerak karena kita memang harus bergerak. Kita harus berikan peran buat diri kita di hidup yang singkat ini.

Tidak masalah menjadi orang rata-rata. Setiap dari kita punya peran dan rejeki nya masing-masing. 

Kerja keras tidak akan menentukan hasil. Tapi kerja keras akan memberikan kita peran dan membuat kita terus bergerak. 

Kenapa kerja keras tidak akan menentukan hasil? Karena nyatanya memang seperti itu, ada yang yang sudah kerja keras tapi hasil nya kecil. Ada yang kerjanya santai, tapi hasilnya besar. 

Bukan karena mereka tidak kerja cerdas. Manusia ini punya akal dan tahu mana yang baik buat diri kita masing-masing. Setiap orang punya jalan dan peran nya masing-masing.

Tidak peduli apa keadaan kita masing-masing saat ini, mungkin ada yang sedang di atas atau ada yang sedang di bawah atau bahkan ada yang di tengah. Roda kehidupan selalu berputar. Yang terpenting adalah selalu berjalan, bergerak, menyebarkan kebaikan di kehidupan yang singkat ini.

Selalu berdoa, bersyukur dan bekerja keras.


ika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa follow saya di medium untuk terus dapatkan tulisan seperti ini setiap minggunya.

Tolong Like dan Share ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *